Apakah Sebuah Karakter Seseorang Dapat Di Ubah? | AndrieDiary | Your Inspiration AndrieDiary | Your Inspiration: Apakah Sebuah Karakter Seseorang Dapat Di Ubah?

Apakah Sebuah Karakter Seseorang Dapat Di Ubah?

Mas Annd - AndrieDiary

Minggu, 28 April 2013

Pin It

Kita semua tahu bahwa sifat manusia terdiri dari nature dan mature, sifat yang memang dari bawaan lahir dan sifat karena pengaruh lingkungan sekitar. hal tersebut yang akan membuat ekspektasi kita terhadap suatu masalah atau keadaan akan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Mungkin, seiring dengan pendidikan dan perubahan lingkungan pergaulan, sifat dan sikap seseorang bisa berubah.

Seringkali saya mendengar pernyataan ini terutama ketika menyaksikan kerabat atau kawan sudah mulai putus asa menghadapi seseorang yang dianggap selalu mengulang kesalahan atau kegagalan dengan sikap yang sama sebagai penyebabnya.

Benarkah demikian? Saya sendiri tidak pernah percaya bahwa di dunia ini ada yang abadi atau tetap kecuali beberapa bentuk enerji dan karakter buat saya tidak termasuk enerji itu.

Sempat mengintip melalui jendela google, definisi karakter itu adalah (mula-mula) coretan, atau goresan. Selanjutnya berarti stempel atau gambaran yang ditinggalkan oleh stempel itu. Kata karakter sendiri berasal dari berasal dari kata Yunani yaitu charassein.

Maksud dari gambaran yang ditinggalkan oleh stempel adalah tingkah laku yang ditunjukan seseorang adalah pencerminan dari keseluruhan pribadinya.

Kembali ke pertanyaan awal, benarkan tingkah laku yang ditunjukan seseorang tidak dapat diubah? Mari kita melihat elemen apa saja yang membentuk tingkah laku seseorang.

1. Konstitusi jasmani : keadaan jasmani beserta sifat-sifat yang mengikutinya 
2. Temperamen : sifat laku jiwa, dalam hubungannya dengan sifat-sifat kejasmanian
3. Sifat : peri keadaan yang menurut kodratnya ada pada sesuatu
4. Watak : pribadi jiwa yang menyatakan dirinya dalam segala tindakan dan pernyataan dalam hubungannya dengan bakat
5. Kepribadian : himpunan dan ciri-ciri jasmani dan rohani atau kejiwaan yang relatif tetap yang membedakan seseorang dengan orang lain pada sisi dan kondisi yang berbeda-beda
6. Sikap :  kondisi mental yang kompleks yang melibatkan keyakinan dan perasaan serta diposisi untuk bertindak dengan cara tertentu

Bingung ya? Saya juga bingung tapi saya akan mencoba untuk mengartikannya perlahan. Kira-kira dari enam elemen karakter di atas, adakah yang bisa diubah?  Tentu saja ada. 

Elemen manakah yang mudah diubah? Kepribadian.
Mengapa? karena setiap manusia mengenal manipulasi bahkan sudah mengenalnya sejak usia dini. Pengalaman saya pada anak saya sendiri, dia sudah bisa memanipulasi di usia yang masih sangat muda yaitu 4 bulan. Manipulasi dapat dilakukan untuk mengubah opini orang terhadap kepribadian kita.

Memanipulasi untuk menunjukan perubahan bisa bekerja dengan baik namun juga tidak, misalnya seseorang yang terbiasa malas lalu di depan orang ingin terlihat rajin, dia bisa memanipulasi namun tidak bisa bertahan lama karena aslinya memang pemalas. 

Di sini usaha untuk mengubah opini orang dengan memanipulasi harus diganti dengan cara menguatkan pikiran dan tekad untuk tidak hanya menahan kemalasan namun harus membuangnya sehingga perubahan yang dilakukan bukan buat orang (opini orang) namun untuk diri sendiri.

Jika diperhatikan sebenarnya elemen-elemen pembentuk karakter kita adalah kecenderungan pilihan kita namun harus diingat, adakalanya kita tidak ingin atau tidak bisa menggunakan kecenderungan tersebut karena situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Artinya kita harus bisa luwes menghadapi situasi dan kondisi apa pun untuk kebaikan kita sendiri.

Saya sendiri sudah beberapa kali melakukan percobaan untuk mengubah beberapa elemen negatif dalam karakter saya. 

Bukan kapasitas saya untuk menilai apakah berhasil atau tidak namun saya tahu jika pikiran dan tekad saya tidak kuat di masa lalu untuk berubah, saya tidak akan  pernah berani memutuskan untuk memiliki seorang anak perempuan yang membutuhkan perhatian dan tanggung jawab luar biasa.

Buat saya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, semua bisa diubah karena Tuhan telah menjamin hal itu sendiri, kembali ke diri kita masing-masing apakah kita mau merubah karakter diri kita demi hubungan sosial yang lebih baik. (And)
Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket | Akses AndrieDiary di: www.kompasiana.com/AndrieDiary
Pin It

AndrieDiary menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. AndrieDiary berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA

 
AndrieDiary | Home | About | Contact Us | Advertise
Copyright © 2011. AndrieDiary | Your Inspiration - All Rights Reserved